10/04/09

Jenis Produk

Seperti yang sudah di jelaskan bahwa target pasar memiliki peranan yang penting dalam bisnis,karena dengan target pasar kamu bisa mengetahui sasaran penjualan dari produk kamu,bukan Cuma itu dengan memahami target pasar kamu akan dapat mengerti harapan konsumen untuk produk kamu,jadi fungsi memahami target pasar dianggap penting untuk menunjang bisnis kamu,berikut ini jenis – jenis produk beserta target pasar dari produk tersebut.

Ada lima jenis produk dan target pasarnya antara lain:

1.Production konsep

Artinya para konsumen suka produk yang murah,terdapat dimana-mana,dan mudah untuk mendapatkanya jenis produk ini termasuk jenis produk yang merakyat artinya semua golongan membutuhkanya,kalo kamu mau buat,atau mengedarkan produk ini keuntunganya lumayan besar karena banyak orang yang membutuhkanya,karena banyak orang yang membutuhkanya otomatis calon pembeli kamu akan banyak juga,tapi kalo kamu mau menggunakan produk jenis ini siap - siap untuk berinovasi extra karena selain banyak konsumenya,jenis produk ini juga banyak pebisnisnya,contoh jenis dari produk ini:baju,makanan,rokok,pulsa,warnet,dan lain sebagainya,tapi kalo kamu mempunyai ide yang brilian untuk konsep ini kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan cepat,jadi jangan takut untuk berinovasi dan munculkan ide - ide kreatif kamu.

2.Produk konsep

Artinya para konsumen menginginkan produk yang berkuwalitas tinggi dan memiliki gengsi yang tiggi juga,ah..ribet ya bahasanya pokonyamah intinya produk yang lux atau istimewa,cieh...istimewa katanya,jenis produk ini memerlukan merek yang kuat atau merek yang terkenal,karena para konsumen hanya membutuhkan kuwalitas yang baik,dan tidak peduli dengan tempat,dan harganya,walaupun harganya tinggi tapi produknya berkualitas,dan memiliki merek yang ternama pasti konsumen membelinya,tapi bagaimana caranya memasarkan jenis produk ini,sedangkan produk ini membutuhkan merek yang sudah terkenal,padahal untuk membuat merek yang terkenal di butuhkan biaya yang tidak sedikit?kalo kata gusdur..,gitu aja kok repot....,caranya kamu bisa menjual barang yang sudah memiliki merek yang terkenal,misalkan dengan kamu menjadi pemasar untuk merek - merek terkenal,atau kamu bisa membeli produk merek terkenal,dan menjualnya lagi dengan harga yang berbeda,dan menurut pendapat saya menjual produk yang memiliki merek terkenal lebih mudah dan dapat menghasilkan uang yang berlipat.

3.Selling konsep

Jenis produk ini memang sulit untuk di pasarkan,dan membutuhkan promosi yang extra agar konsumen mau membelinya,jenis produk ini membutuhkan kerja keras untuk menjualnya karena jenis produk ini termasuk jenis produk yang penting tapi gak penting,yang artinya bukan kebutuhan utama dan hanya sesekali saja di gunakanya,contohnya lukisan,alat musik,video game.dan lain sebagainya.jadi kalo kamu mau memasarkan jenis produk ini,dan ingin cepat laku kamu harus banyak – banyak berpromosi.

4.Marketing konsep

Produk jenis ini merupakan gabungan dari ketiga konsep di atas,yang artinya,jenis produk ini mementingkan keinginan konsumen,apa yang konsumen harapkan dari sebuah produk,dan produk tersebut harus memenuhi keinginan dari konsumen tersebut,dan biasanya jenis produk ini memiliki banyak type dalam produknya,contoh produknya seperti hanphone,motor,mobil dan lain sebagainya.

5.Marketing holistik konsep

Penjelasanya sama seperti marketing konsep,tapi ada tambahan dari jenis produk ini,produk ini mengharuskan menjaga,melestarikan lingkungan,baik dalam produksi,hasil produk,dan promosinya.

Nah….,sekarang kan udah tau?tinggal gimana kamu menentukan produk mana yang cocok dengan diri kamu,baik dari segi keuangan,inovasi,tujuan,dan hati kamu...,jadi kalo mau sukses jangan tunggu sampai kamu lulus atau pensiun,tapi kalo kamu bisa sukses dari sekarang kenapa enggak?(satu lagi sering - sering main kesini,di tunggu loh......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar